estraz

Pengertian Microsoft Access, Fungsi, Kelebihan & Komponennya.Download Microsoft Office 2007

Looking for:

Pengertian microsoft office access versi 2007 free

Click here to Download

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

By using our site, you agree to our collection of information through the use of cookies. To learn more, view our Privacy Policy. To browse Academia. Saya adalah anak ke-3 paling kecil dari keluarga sederhana dan belum memiliki pekerjaan tetap, namun saya sedah berusaha merintis bisnis kecil hidroponik dengan nama Maulidian Farm yang di dirikan awal tahun Log in with Facebook Log in with Google. Remember me on this computer.

Enter the email address you signed up with and we’ll email you a reset link. Need an account? Click here to sign up. Materi Microsoft Office Acces Microsoft Access. Download Free PDF. PDF Pack. Ebook ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan untuk dapat mempelajari, memahami dan mencoba aplikasi Microsoft Office Access secara mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam ebook ini juga penulis berusaha memberikan materi secara lengkap, sederhana dan mudah untuk diaplikasikan.

Buku ini tidak akan ada tanpa bantuan dari rekan-rekan yang membantu saya baik dalam materi maupun moral. Bersama ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan selama ini kepada Saya. Ada pepatah bahwa tidak ada gading yang tidak retak maka ebook ini pun tidak lepas dari kekurangan baik dari segi teknis maupun segi materi sehingga jika ada saran dan kritik yang membangun anda dapat mengirimkan email kepada saya di dani mugi.

Akhir kata penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah mengunduh ebook ini kemudian menyempatkan waktu untuk membacanya dan selamat mencoba. Bandung, Desember Dani R. Dengan menggunakan Microsoft Access , seseorang dapat merancang, membuat, dan mengelola database dengan mudah dan cepat. Access merupakan pengembangan dari Access , maupun versi-versi sebelumya, dengan harapan program aplikasi database ini lebih mudah dipakai, mudah di integrasikan dengan program aplikasi Microsoft Office lainnya dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang terdapat pada Internet maupun Intranet.

Buku ini ditujukan untuk para pengguna Microsoft Access , baik ditingkat pemula sampai menengah. Tutorial yang ada dalam buku ini akan menjelaskan secara detail langkah-langkah kerja dan sangat menekankan pada pemahaman konsep dalam memahami tutorial sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru memulai untuk belajar Access Anda juga akan dituntun belajar secara visual karena dalam setiap tutorial disisipkan gambar yang diperlukan agar Anda dapat mengikuti tutorial secara lancar dan lebih mudah dalam memahaminya.

Disini kita tidak akan membahas lebih detail lagi tentang perubahan-perubahan ini karena pada buku ini hanya akan membahas penggunaan Microsoft Access Memulai Access Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk memulai atau menjalankan Access Berikut akan dibahas satu-persatu. Klik Start. Klik All Programs. Gmb 1. Selanjutnya Anda akan memakai Blank Database dalam pembuatan database. Di bagian ini berisi icon-icon template.

Disini Anda bisa menentukan nama database dan lokasi penyimpanannya. Pada tampilan awal tadi Gmb 1. Pada bagian kanannya Anda menentukan nama database dan juga lokasi file. Pada bagian bawah terdapat beberapa link Microsoft Office Online, jika Anda ingin mengeksplorasi lebih dalam tentang apa saja yang terbaru dari Access dan banyak menu-menu online lainnya.

Tetapi sebelum menggunakan cara ini Anda dapat mensetting dulu, langkahnya sebagai berikut : I. Mengenal Element Dasar pada Access Gmb 1. Fasilitas ini hampir sama pada seluruh program Microsoft Office New : Untuk membuat sebuah database baru. Open : Untuk membuka database yang pernah Anda buat sebelumya. Save : Untuk menyimpan secara langsung database anda. Print : Fasilitas untuk mencetak database yang telah Anda buat.

Terdapat tiga pilihan yakni Print mencetak dengan sebelumnya menentukan properti-properti printer dan halaman yang akan dicetak , Quick Print mencetak database secara langsung tanpa melakukan perubahan property-properti pada printer dan Print Preview untuk mengatur sebelum database dicetak. Manage : Ini merupakan fasilitas untuk mengatur database yang telah kita buat. Email : Fasilitas ini memudahkan anda dalam mengirimkan database melalui email. Publish : Fasilitas ini digunakan setelah database yang anda buat telah selesai atau final.

Close Database : Untuk keluar dari database. Selain dari berbagai pilihan diatas juga ada dua tombol lagi di bawahnya yakni Access Options dan Exit Access.

Access Options berisi pilahan-pilahan yang sebenarnya mirip dengan program Office Options yang lainnya. Quick Access Toolbar Sama seperti program Office yang lainnya, pada Access juga manyediakan Quick Access Toolbar yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. Klik tombol panah kebawah. Klik More Commands, untuk menampilkan seluruh command bisa dengan memilih All Commands pada menu drop down Choose commands from. Selanjutnya pilih Command yang akan digunakan dan klik Add.

Klik OK. Untuk mengembalikan ke awal lagi, gunakan Reset. Pada tab Home terdiri dari tujuh group : 1. Terdapat beberapa pilihan yang berbeda-beda tergantung dengan objek Database yang dipilih atau yang sedang dikerjakan. Font : Berisi pengaturan-pengaturan jenis huruf, ukuran, warna, perataan dan sebagainya.

Rich Text : Berisi kumpulan untuk memperkaya format teks, seperti pengaturan paragraph, Indentasi, Bullet and Numbering. Record : Berisi perintah-perintah untuk pengolahan record.

Find : Untuk berisi perintah untuk mencari dan juga dapat mengganti data yang Anda cari dengan data yang lain Gmb 1. Tables : Untuk membuat tabel data atau juga menentukan tipe tabel yang akan kita buat. Forms : Form merupakan Input bagi user ketika ingin memasukan data baru. Di tab ini terdapat berbagai pilihan pengaturan form.

Reports : Atau laporan, penyajian akhir dalam bentuk laporan data-data. Anda dapat membuat dan mengatur seperti apa report yang akan Anda gunakan. Other : Di group ini terdapat dua pilihan utama untuk pembuatan Query dan Macro. Keduanya akan kita bahas tersendiri pada bab berikutnya.

Import : Fasilitas ini dapat Anda gunakan ketika ingin memasukan document lain dalam database anda. Export : Kebailikan dari import, Anda dapat mengexport database yang telah Anda buat ke program aplikasi lain. Collect Data : Berhubungan dengan pengiriman database melalui E-mail. Macro : Berisi rangkain perintah berupa aksi yang dapat dilaksanakan secara otomatis. Di group ini kita dapat menggunakan Visual Basic dalam pembuatan perintahnya.

Catatan:: Untuk pembahasan Macro akan diulas pada bab terakhir. Analyze : Anda juga dapat menganalisa performa dari database yang Anda buat pada group ini dan juga menganalisa keefektifan penggunaan tabel. Database Tools : Salah satu fitur advance yang ada pada Access seperti kita dapat memberikan melakukan enkripsi database dengan menggunakan password dan juga fitur-fitur advance lainnya.

Tab ini akan muncul jika Anda sedang membuat sebuah tabel, form atau report. Pada pembuatan tabel pasti akan muncul tab Tabel Tools Datasheet seperti gambar dibawah : Gmb 1. Fasilitas ini akan lebih efektif jika komputer kita terkoneksi dengan internet. Untuk menggunakan menu ini ada dua cara : I. Dengan menekan tombol F1 pada keyboard.

Dengan mengklik icon pada pojok kanan atas dibawah tombol Close. Kesatuan objek atau komponen ini akan membentuk database. Dalam penggunaannya, pada Microsoft Access versi sebelumnya juga telah mencantumkan elemen ini. Kemudian pilih salah satu langkah diabawah ini, untuk menghakhiri Access : i. Tekan Office Button dan pilih Close. Klik tombol Close pada pojok kanan atas. Tunggu sampai Access ditutup.

Misalnya saja data tentang pegawai, nilai, harga makanan, jumlah saldo tabungan, dan lain-lain. Agar data menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi orang yang membacanya, maka data harus diorganisasikan dan diolah dalam suatu file database. Dengan DBMS, kita dapat menambah, mengubah, menghapus, dan mengurutkan data sesuai dengan urutan yang sesuai dengan yang diinginkan serta membuat laporan bagi data tersebut. Database atau biasa dikenal dengan sebutan basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan suatu objek, topik, atau tujuan khusus tertentu.

Contoh database antara lain: buku telepon, buku kamus, katalog buku di perpustakaan, data penyewa di toko rental, dan lain-lain.

Catatan:: Untuk lebih mendalami tentang Database Basis Data , penulis sarankan untuk mencari sumber referensi-referensi lain. Disini hanya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu Database. Mengenal Database dalam Access Didalam mengolah database, Access memiliki sarana atau objek yang dapat mempermudah dalam membangun sebuah database. Table : sekumpulan data yang memiliki topik tertentu.

 
 

 

pengertian dan fungsi microsoft access .Mengenai Saya

 
Access merupakan pengembangan dari Access , maupun versi-versi sebelumya, dengan harapan program aplikasi database ini lebih mudah dipakai, mudah di integrasikan dengan program aplikasi Microsoft Office lainnya dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang terdapat pada Internet maupun replace.meted Reading Time: 24 mins. Oct 21,  · Service Pack 1. Microsoft Office Service Pack 1 telah dirilis pada tanggal 11 Desember Microsoft menerbitkan suatu daftar perubahan. Dokumentasi resmi mengklaim bahwa SP1 adalah bukan hanya Rollup patch dirilis ke publik, tetapi itu juga berisi perbaikan untuk masalah Total seluruh Office suite secara keseluruhan. Nov 05,  · Versi terakhir adalah Microsoft Office Access yang termasuk ke dalam Microsoft Office System Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC.
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *